Raih Gelar Doktor Berkat Mesin Penggoreng Vakum

 Lowokwaru, MC – Sejak tahun 1996 mengembangkan alat penggoreng vakum (hampa udara), Ir. Anang Lastriyanto, M.Si akhirnya berhasil dikukuhkan sebagai doktor di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang. Dalam ujian disertasinya yang digelar Rabu (23/07), Anang menyampaikan tentang Analisis dan Pengembangan Model Kadar Air Keseimbangan pada Proses Penggorengan Vakum.
Ir. Anang Lastriyanto, M.Si dan mesin penggoreng vakum hasil penelitiannya, Rabu (23/07)
Ir. Anang Lastriyanto, M.Si dan mesin penggoreng vakum hasil penelitiannya, Rabu (23/07)

Anang menyampaikan ketertarikannya untuk mengembangkan alat penggorengan vakum adalah karena sekitar pada tahun 1990-an ia penasaran dengan alat penggorengan vakum yang harganya sangat mahal. Saat itu pengusaha Bob Sadino membelinya dari luar negeri dalam kondisi bekas dengan harga Rp. 2 milyar.

“Karena itu saya tertarik untuk meneliti dan mengembangkan alat penggorengan vakum, dan ini tidak sia-sia karena saya berhasil mengembangkan alat vakum dengan harga yang relatif murah dan kini bisa dibeli masyarakat dengan harga mulai Rp. 10 juta,” ucap dosen Fakultas Teknologi Pertanian UB ini, Rabu (23/07).

Alat itupun kini sudah mendapatkan hak paten dan telah dipasarkan di seluruh Indonesia bahkan hingga India. Berbagai inovasi terus ia lakukan untuk menyempurnakan alat tersebut.

Dalam penelitian disertasinya ia memilih mengangkat tentang Analisis dan Pengembangan Model Kadar Air Keseimbangan Pada Proses Penggorengan Vakum dengan alasan untuk mengurangi kesenjangan antara pesatnya perkembangan teknologi di masyarakat dengan kajian ilmiah yang ada di perguruan tinggi.

“Saya ingin merealisasikan obsesi agar UB menjadi acuan dalam bidang teknologi penggorengan vakum, baik dari sisi teoritis maupun praktis, sekaligus mewujudkan visi dan misi serta strategi yang telah dicanangkan,” ucap Anang.

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan disertasi yang ia sampaikan adalah untuk merancang sistem akuisisi data dan pemilihan sensor pengukuran parameter proses meliputi suhu, tekanan, kelembaban, dan kadar air. Serta menganalisis pola perubahan parameter dan kinetika proses dan mengembangkan model kadar air keseimbangan selama proses penggorengan vakum. (cah/yof)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2014/07/raih-gelar-doktor-berkat-mesin-penggoreng-vakum/#ixzz48ubYoHPA